1 |
Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Pembangunan |
1. Nilai SAKIP Perangkat Daerah
|
Nilai |
73 |
|
|
Sasaran |
1.1 |
Meningkatnya Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja BPKAD |
1. Predikat akuntabilitas BPKAD
|
Nilai |
71.5 |
|
|
|
|
2 |
Meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan aset daerah |
1. Indek Pengelolaan Keuangan Daerah
|
Skor |
7.3 |
|
|
Sasaran |
2.0 |
|
Sasaran |
2.0 |
|
Sasaran |
2.1 |
Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah |
1. Penyajian Dokumen Perencanaan, Pelaksanaan, Pelaoran dan Pertanggungjawaban Keuangan
|
Dokumen |
29 |
|
|
|
|
2. Keterbukaan Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah
|
Dokumen |
29 |
|
|
|
|
Program |
5.02.02 |
PROGRAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH |
1. Persentase Tahapan Penyusunan APBD Teapt Waktu
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
2. Pemenuhan Peraturan dan Pedoman Penyusunan APBD Sesuai Prinsip Penganggaran Yang Baik
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
3. Persentase Konsistensi Perencanaan dengan Penganggaran
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
4. Persentase Aparatur Perencanaan Anggaran Perangkat Daerah Mendapatkan Pembinaan Perencanaan Anggaran
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
5. Persentase Laporan Keuangan Disajikan Tepat Waktu
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
6. Tingkat Pemenuhan Peraturan dan Pedoman Pengelolaan Akuntansi
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
7. Persentase Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Perangkat Daerah yang mendapat pembinaan penyusunan laporan sesuai SAP
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
8. Tingkat pemenuhan pedoman/ peraturan pengelolaan perbendaharaan daerah
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
9. Persentase Transaksi Non Tunai
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
10. Persentase penerbitan SP2D sesuai persyaratan tepat waktu
|
Persen |
90 |
0
|
0
|
0
|
0
|
11. Persentase pengelola keuangan Perangkat Daerah mendapatkan pembinaan penatausahaan keuangan
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
12. Penyediaan Belanja Tak Terduga dan Jumlah Lokasi Desa Yang Mendapatkan Bantuan Keuangan Desa
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
Kegiatan |
5.02.02.2.01 |
Koordinasi dan Penyusunan Rencana Anggaran Daerah |
1. Capaian Kinerja Penyusunan Dokumen Rencana Anggaran Daerah
|
Persen |
100 |
|
|
|
|
Sub Kegiatan |
5.02.02.2.01.01 |
Koordinasi dan Penyusunan KUA dan PPAS |
1. Dokumen KUA PPAS |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.02 |
Koordinasi dan Penyusunan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS |
1. Dokumen KUA PPAS Perubahan |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.03 |
Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi RKA-SKPD |
1. Jumlah Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi RKA-SKPD |
OPD |
60 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.04 |
Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi Perubahan RKA-SKPD |
1. Jumlah Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi Perubahan RKA-SKPD |
OPD |
60 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.05 |
Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi DPA-SKPD |
1. Jumlah Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi DPA-SKPD |
OPD |
60 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.06 |
Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi Perubahan DPA-SKPD |
1. Jumlah Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi Perubahan DPA-SKPD |
OPD |
60 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.07 |
Koordinasi dan Penyusunan Peraturan Daerah tentang APBD dan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran APBD |
1. Rancangan Peraturan tentang penjabaran APBD |
RAPERDA |
1 |
|
|
|
|
2. Rancangan perda tentang APBD |
RAPERDA |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.08 |
Koordinasi dan Penyusunan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD dan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran Perubahan APBD |
1. Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD |
RAPERDA |
1 |
|
|
|
|
2. Rancangan Peraturan tentang Penjabaran Perubahan APBD |
RAPERDA |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.09 |
Koordinasi dan Penyusunan Regulasi serta Kebijakan Bidang Anggaran |
1. Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD |
RAPERBUP |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.10 |
Koordinasi Perencanaan Anggaran Pendapatan |
1. Rancangan Peraturan tentang Anggaran Pendapat. |
RAPERBUP |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.11 |
Koordinasi Perencanaan Anggaran Belanja Daerah |
1. Raperbup tentang Pedoman dan Pelaksanaan APBD |
RAPERBUP |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.12 |
Koordinasi Perencanaan Anggaran Pembiayaan |
1. Jumlah Koordinasi Perencanaan Anggaran Pembiayaan |
Laporan |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.01.13 |
Pembinaan Perencanaan Penganggaran Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota |
1. Terlaksananya Pembinaan Penganggaran Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota |
OPD |
60 |
|
|
|
|
5.02.02.2.02 |
Koordinasi dan Pengelolaan Perbendaharaan Daerah |
1. Capaian Kinerja Pengelolaan Perbendaharaan Daerah
|
Persen |
90 |
|
|
|
|
Sub Kegiatan |
5.02.02.2.02.01 |
Koordinasi dan Pengelolaan Kas Daerah |
1. Jumlah laporan Koordinasi dan Pengelolaan Kas Daerah |
Laporan |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.02.02 |
Pengelolaan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Sebelumnya |
5.02.02.2.02.03 |
Penyiapan, Pelaksanaan Pengendalian dan Penerbitan Anggaran Kas dan SPD |
1. Jumlah Laporan Penerbitan Anggaran Kas dan SPD |
Laporan |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.02.04 |
Penatausahaan Pembiayaan Daerah |
5.02.02.2.02.05 |
Koordinasi, Fasilitasi, Asistensi, Sinkronisasi, Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Dana Perimbangan dan Dana Transfer Lainnya |
1. Pelaporan Penerimaan Dana Transfer |
Bulan |
12 |
|
|
|
|
5.02.02.2.02.06 |
Koordinasi, Pelaksanaan Kerjasama dan Pemantauan Transaksi Non Tunai dengan Lembaga Keuangan Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank |
1. Jumlah Koordinasi Pelaksanaan Kerjasama |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.02.07 |
Koordinasi dan Penyusunan Laporan Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah, Laporan Aliran Kas, dan Pelaksanaan Pemungutan/Pemotongan dan Penyetoran Perhitungan Fihak Ketiga (PFK) |
5.02.02.2.02.08 |
Koordinasi Pelaksanaan Piutang dan Utang Daerah yang Timbul Akibat Pengelolaan Kas, Pelaksanaan Analisis Pembiayaan dan Penempatan Uang Daerah sebagai Optimalisasi Kas |
5.02.02.2.02.09 |
Rekonsiliasi Data Penerimaan dan Pengeluaran Kas serta Pemungutan dan Pemotongan Atas SP2D dengan Instansi Terkait |
1. Dokumen SP2D |
Dokumen |
1000 |
|
|
|
|
5.02.02.2.02.10 |
Penyusunan Petunjuk Teknis Administrasi Keuangan yang Berkaitan dengan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Serta Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Sub Kegiatan |
5.02.02.2.02.11 |
Pembinaan Penatausahaan Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota |
1. Jumlah Pelaksanaan Pembinaan Penatausahaan Keuangan |
OPD |
60 |
|
|
|
|
5.02.02.2.03 |
Koordinasi dan Pelaksanaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah |
3. Capaian Kinerja Pelaksanaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah
|
Persen |
100 |
|
|
|
|
Sub Kegiatan |
5.02.02.2.03.01 |
Koordinasi Pelaksanaan Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah |
1. Neraca Daerah akhir tahun |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.03.02 |
Rekonsiliasi dan Verifikasi Aset, Kewajiban, Ekuitas, Pendapatan, Belanja, Pembiayaan, Pendapatan-LO dan Beban |
1. Laporan Keuangan Semesteran |
Dokumen |
2 |
|
|
|
|
5.02.02.2.03.03 |
Koordinasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Bulanan, Triwulanan dan Semesteran |
1. Jumlah Dokumen Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD |
Dokumen |
2 |
|
|
|
|
5.02.02.2.03.04 |
Konsolidasi Laporan Keuangan SKPD, BLUD dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah |
1. Dokumen Rekonsiliasi Belanja |
Dokumen |
4 |
|
|
|
|
2. Dokumen Rekonsiliasi Pendapatan BLUD |
Dokumen |
4 |
|
|
|
|
5.02.02.2.03.05 |
Koordinasi dan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota |
1. Rancangan peraturan tentang penjabaran pertanggungjawaban pelaksanaan APBD |
RAPERDA |
1 |
|
|
|
|
2. Rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD |
RAPERDA |
1 |
|
|
|
|
5.02.02.2.03.06 |
Penyusunan Tanggapan/Tindak Lanjut terhadap LHP BPK atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD |
5.02.02.2.03.07 |
Koordinasi, Sinkronisasi, dan Penyelesaian Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Kerugian Daerah |
5.02.02.2.03.08 |
Penyusunan Analisis Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD |
5.02.02.2.03.09 |
Penyusunan Kebijakan dan Panduan Teknis Operasional Penyelenggaraan Akuntansi Pemerintah Daerah |
5.02.02.2.03.10 |
Penyusunan Sistem dan Prosedur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah |
5.02.02.2.03.11 |
Pembinaan Akuntansi, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten/Kota |
1. Jumlah Kegiatan Pelaksanaan pembinaan dan sosialisasi |
OPD |
60 |
|
|
|
|
5.02.02.2.03.12 |
Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLUD Kabupaten/Kota |
5.02.02.2.03.13 |
Koordinasi dan Penyusunan Statistik Keuangan Pemerintahan Daerah |
5.02.02.2.04 |
Penunjang Urusan Kewenangan Pengelolaan Keuangan Daerah |
1. Penyediaan Belanja Tak Terduga dan Jumlah Lokasi Desa Yang Mendapatkan Bantuan Keuangan Desa
|
Persen |
100 |
|
|
|
|
Sub Kegiatan |
5.02.02.2.04.09 |
Pengelolaan Dana Darurat dan Mendesak |
1. Jumlah Penyediaan Belanja Tak Terduga |
Persen |
100 |
|
|
|
|
5.02.02.2.04.10 |
Pengelolaan Dana Bagi Hasil Kabupaten/Kota |
1. Jumlah Desa yang mendapatkan Bantuan Keuangan |
Desa |
193 |
|
|
|
|
Program |
5.02.03 |
PROGRAM PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH |
1. Tingkat pemenuhan peraturan dan pedoman pengelolaan BMD sesuai Permendagri 19/2016
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
2. Persentase Perangkat Daerah melaksanakan perencanaan dan penatausahaan BMD sesuai ketentuan
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
3. Persentase Perangkat Daerah yang aktif melakukan rekonsiliasi laporan BMD
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
4. Persentase pengelola BMD Perangkat Daerah mendapatkan pembinaan penatausahaan BMD
|
Persen |
100 |
0
|
0
|
0
|
0
|
Kegiatan |
5.02.03.2.01 |
Pengelolaan Barang Milik Daerah |
1. Jumlah BMD yang dikelola
|
Persen |
100 |
|
|
|
|
Sub Kegiatan |
5.02.03.2.01.01 |
Penyusunan Standar Harga |
1. Jumlah Dokumen Standar Harga |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.03.2.01.02 |
Penyusunan Standar Barang Milik Daerah dan Standar Kebutuhan Barang Milik Daerah |
5.02.03.2.01.03 |
Penyusunan Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Daerah |
1. Jumlah Dokumen Perencanaan Kebutuhan BMD |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.03.2.01.04 |
Penyusunan Kebijakan Pengelolaan Barang Milik Daerah |
5.02.03.2.01.05 |
Penatausahaan Barang Milik Daerah |
5.02.03.2.01.06 |
Inventarisasi Barang Milik Daerah |
1. Jumlah Dokumen Inventarisasi BMD |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.03.2.01.07 |
Pengamanan Barang Milik Daerah |
1. Jumlah Dokumen BMD yang diamankan |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.03.2.01.08 |
Penilaian Barang Milik Daerah |
1. Jumlah Dokumen BMD yang dinilai |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.03.2.01.09 |
Pengawasan dan Pengendalian Pengelolaan Barang Milik Daerah |
5.02.03.2.01.10 |
Optimalisasi Penggunaan, Pemanfaatan, Pemindahtanganan, Pemusnahan, dan Penghapusan Barang Milik Daerah |
1. Jumlah Dokumen BMD yang dioptimalkan |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.03.2.01.11 |
Rekonsiliasi dalam rangka Penyusunan Laporan Barang Milik Daerah |
1. Jumlah Laporan Rekonsiliasi BMD |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.03.2.01.12 |
Penyusunan Laporan Barang Milik Daerah |
1. Jumlah Dokumen Laporan BMD |
Dokumen |
1 |
|
|
|
|
5.02.03.2.01.13 |
Pembinaan Pengelolaan Barang Milik Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota |
1. Jumlah Peserta Pembinaan Pengelolaan BMD |
OPD |
60 |
|
|
|
|
Sasaran |
2.2 |
Optimalisasi pengelolaan aset daerah |
1. Persentase Kesesuaian Pengelolaan Barang Milik Daerah Sesuai Peraturan Perundang-Undangan
|
Persen |
100 |
|
|
|
|