Indikator Kinerja
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Periode: 2025

NO TUJUAN/SASARAN INDIKATOR SATUAN TARGET PELAKSANAAN
I II III IV
1 Meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan
1. Rata Rata lama Sekolah Nilai 9.26
2. Harapan Lama Sekolah Nilai 13.63
Sasaran
1.1 Meningkatnya perluasan akses dan pemerataan pendidikan yang berkualitas
1. APK PAUD Persen 79.34
2. APK SD Sederajat Persen 100.21
3. APM SD sederajat Persen 97.49
4. Angka Partisipasi Sekolah 7 - 12 Tahun Persen 100.80
5. Angka putus sekolah SD Nilai 201
6. APK SMP Sederajat Persen 100.24
7. APM SMP sederajat Persen 78.27
8. Angka Partisipasi Sekolah 13-15 tahun Persen 100.18
9. Angka Putus sekolah SMP Nilai 198
10. Angka Melek Huruf Persen 99.98
Program
1.01.02 PROGRAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN
1. Capaian Indeks Mutu Pendidikan (IMP) SD Persen 89.71
0
0
0
0
2. Capaian Indeks Mutu Pendidikan (IMP) SMP Persen 88.71
0
0
0
0
3. Capaian Indeks Mutu Pendidikan (IMP) PAUD Persen 83.02
0
0
0
0
4. Capaian Indeks Mutu Pendidikan (IMP) Kesetaraan Persen 68.38
0
0
0
0
5. Jumlah Bantuan Beasiswa Stimulan Kukar IDAMAN Pendidikan Dasar Orang 3000
0
0
0
0
Kegiatan
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
1. Standar kompetensi lulusan Pendidikan Sekolah Dasar Persen 92.94
2. Standar isi Pendidikan Sekolah Dasar Persen 88.65
3. Standar proses Pendidikan Sekolah Dasar Persen 95.23
4. Standar sarana dan prasarana Pendidikan Sekolah Dasar Persen 85.65
5. Standar pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar Persen 98.23
6. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Sekolah Dasar Persen 76.23
7. Standar pembiayaan Pendidikan Sekolah Dasar Persen 89.08
8. Standar penilaian Pendiidkan Sekolah Dasar Persen 86.08
Sub Kegiatan
1.01.02.2.01.0010 Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Unit Kesehatan Sekolah
1.01.02.2.01.0011 Rehabilitasi Sedang/Berat Perpustakaan Sekolah
1.01.02.2.01.0038 Koordinasi, Perencanaan, Supervisi dan Evaluasi Layanan di Bidang Pendidikan
1.01.02.2.01.0047 Pembangunan Ruang Kelas Baru
1.01.02.2.01.0048 Rehabilitasi Sedang/Berat Sarana, Prasarana dan Utilitas Sekolah
1.01.02.2.01.0050 Penyelenggaraan Proses Belajar Bagi Peserta Didik
1.01.02.2.01.0051 Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Kelas Sekolah
1.01.02.2.01.0054 PENYEDIAAN BIAYA PERSONIL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
1.01.02.2.01.02 Penambahan Ruang Kelas Baru
1. Jumlah Ruang Kelas yang dibangun Sekolah 62
1.01.02.2.01.03 Pembangunan Ruang Guru/Kepala Sekolah/TU
1. Jumlah Ruang kantor yang dibangun Ruang 20
1.01.02.2.01.04 Pembangunan Ruang Unit Kesehatan Sekolah
1. Jumlah ruang kesehatan siswa SD yang dibangun Ruang 2
1.01.02.2.01.05 Pembangunan Perpustakaan Sekolah
1. Jumlah tersedianya gedung membaca siswa SD Ruang 10
1.01.02.2.01.06 Pembangunan Sarana, Prasarana dan Utilitas Sekolah
1. Jumlah tempat buang air kecil/besar siswa SD Unit 5
1.01.02.2.01.08 Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Kelas
1. Jumlah Ruang Kelas yang direhab Ruang 5
1.01.02.2.01.09 Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Guru/Kepala Sekolah/TU
1. Jumlah Ruang kantor yang direhab Ruang 0
1.01.02.2.01.13 Rehabilitasi Sedang/Berat Rumah Dinas Kepala Sekolah/Guru/Penjaga Sekolah
1. Jumlah rumah dinas/mess sekolah yang direhab Rumah 0
1.01.02.2.01.14 Pengadaan Mebel Sekolah
1. Tersedianya meubel sekolah Set 1500
1.01.02.2.01.16 Pengadaan Perlengkapan Sekolah
1.01.02.2.01.21 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar
1. Jumlah Siswa penerima bantuan beasiswa Siswa 2000
1.01.02.2.01.22 Pengadaan Alat Praktik dan Peraga Siswa
1.01.02.2.01.23 Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik
1. Jumlah siswa yang mengikuti Ujian Sekolah Siswa 1500
2. Jumlah siswa yang mengikuti Ujian Sekolah Siswa 1300
3. Jumlah Peserta yang mengikuti bimtek Peserta 100
4. Jumlah sekolah / Kepala Sekolah / Guru / Pengawas dalam peningkatan pembinaan kurikulum yang diterapkan pada Satuan Pendidikan Sekolah 100
5. Jumlah Peserta yang mengikuti bimtek Peserta 100
1.01.02.2.01.24 Penyiapan dan Tindak Lanjut Evaluasi Satuan Pendidikan Dasar
1. Jumlah Sekolah yang Melaksanakan PPDB Berbasis Online Sekolah 439
1.01.02.2.01.25 Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa
1. Jumlah Siswa SD yang mengikuti lomba, festival, dan olimpiade Siswa 364
2. Jumlah Sekolah yang mengikuti penguatan pendidikan Sekolah 25
3. Jumlah Siswa yang mengikuti Lomba GEMA Siswa 100
1.01.02.2.01.26 Penyediaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
1. Jumlah Guru yang Menjadi PPPK SD Orang 160
1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
1. Jumlah Guru SD Yang Mendapatkan Beasiswa Kualifikasi S-1 Orang 150
2. Jumlah Guru dan Plt. Kepala Sekolah yang memiliki Sertifikat (NUKS) Orang 60
3. Jumlah Guru SD yang memiliki Sertifikat Pendidik Orang 90
4. Jumlah Guru SD yang memiliki keterampilan guru inklusif Orang 30
1.01.02.2.01.28 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
1. Jumlah sekolah yang mengikuti lomba Sekolah 30
2. Jumlah sekolah yang mengikuti lomba Sekolah 40
1.01.02.2.01.29 Pengelolaan Dana BOS Sekolah Dasar
1. Jumlah penerima BOS Kabupaten Siswa 94116
1.01.02.2.01.30 Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Dana BOS Sekolah Dasar
1. Jumlah sekolah dalam mempertanggungjawabkan Dana BOS SD Sekolah 472
2. Jumlah sekolah dalam mempertanggungjawabkan dana BOS SD Sekolah 472
1.01.02.2.01.31 Pembangunan Laboratorium Sekolah Dasar
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
1. Standar kompetensi lulusan Pendidikan SMP Persen 90.37
2. Standar isi Pendidikan SMP Persen 85.94
3. Standar proses Pendidikan SMP Persen 92.94
4. Standar sarana dan prasarana Pendidikan SMP Persen 80.80
5. Standar pengelolaan Pendidikan SMP Persen 93.51
6. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Persen 76.80
7. Standar pembiayaan Pendidikan SMP Persen 87.37
8. Standar penilaian Pendidikan SMP Persen 81.51
Sub Kegiatan
1.01.02.2.02.0017 Rehabilitasi Sedang/Berat Perpustakaan Sekolah
1.01.02.2.02.0018 Rehabilitasi Sedang/Berat Laboratorium
1.01.02.2.02.0024 Rehabilitasi Sedang/Berat Sarana, Prasarana dan Utilitas Sekolah
1.01.02.2.02.0045 Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Kepala Sekolah
1.01.02.2.02.0046 Pemeliharaan Mebel Sekolah
1.01.02.2.02.0051 Koordinasi, Perencanaan, Supervisi dan Evaluasi Layanan di Bidang Pendidikan
1.01.02.2.02.0058 Penyelenggaraan Proses Belajar bagi Peserta Didik
1.01.02.2.02.0059 Pembangunan Ruang Kelas Baru
1.01.02.2.02.0064 Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Guru/Kepala Sekolah/TU
1.01.02.2.02.01 Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB)
1. Bangunan ruang kelas baru Ruang 21
1.01.02.2.02.02 Penambahan Ruang Kelas Baru
1. Jumlah Ruang Kelas yang dibangun Ruang 5
1.01.02.2.02.04 Pembangunan Ruang Unit Kesehatan Sekolah
1. Bangunan ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Ruang 1
1.01.02.2.02.05 Pembangunan Perpustakaan Sekolah
1.01.02.2.02.06 Pembangunan Laboratorium
1. Terbangunnya gedung/ruang laboratorium Ruang 2
1.01.02.2.02.09 Pembangunan Rumah Dinas Kepala Sekolah/Guru/Penjaga Sekolah
1.01.02.2.02.12 Pembangunan Sarana, Prasarana dan Utilitas Sekolah
1. Jumlah tempat buang air kecil/besar siswa SMP Unit 5
1.01.02.2.02.14 Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Kelas Sekolah
1.01.02.2.02.25 Pengadaan Mebel Sekolah
1. Tersedianya meubel sekolah Set 1100
1.01.02.2.02.32 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama
1. Jumlah Siswa penerima bantuan beasiswa Siswa 1015
1.01.02.2.02.35 Pengadaan Alat Praktik dan Peraga Siswa
1.01.02.2.02.36 Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik
1. Jumlah Nilai Rata-Rata KKM Peserta Didik Kelas VIII Peserta 9700
2. Jumlah Kelulusan Peserta Didik Jenjang SMP Peserta 9700
3. Peningkatan literasi Membaca Peserta Didik Jenjang SMP Sekolah 145
4. Jumlah perangkat pembelajaran guru pada masing-masing mata pelajaran Jenjang SMP Orang 1600
5. Aplikasi AKM Kelas, Jumlah Video Pembelajaran dan Manajemen Berbasis Sekolah yang Baik Sistem 1
1.01.02.2.02.37 Penyiapan dan Tindak Lanjut Evaluasi Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
1. Jumlah Sekolah yang Melaksanakan PPDB Berbasis Online Sekolah 50
2. Siswa yang mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar Siswa 8176
1.01.02.2.02.38 Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa
1. Jumlah Peserta yang Mengikuti Lomba Siswa 350
2. Jumlah Peserta yang Mengikuti Lomba Siswa 150
3. Jumlah Peserta yang Mengikuti Lomba Siswa 80
4. Jumlah Peserta yang Mengikuti Lomba Siswa 60
5. Jumlah Peserta yang Mengikuti Lomba Sekolah 20
6. Jumlah Peserta yang Mengikuti Penguatan Pendidikan Karakter Siswa 200
1.01.02.2.02.39 Penyediaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
1.01.02.2.02.40 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
1. Jumlah Guru SMP yang memiliki Kualifikasi Sarjana (S1) Orang 110
2. Jumlah Guru Agama Islam yang memiliki Kompetensi Dalam Pelaksanaan GEMA Orang 50
3. Jumlah Tenaga Laboran SMP Orang 30
4. Jumlah Tenaga Pustakawan SMP Orang 30
5. Jumlah Tenaga Operator SMP Orang 30
6. Jumlah Guru SMP yang memiliki keterampilan guru inklusif Orang 10
7. Jumlah Guru SMP yang memiliki Sertifikat Pendidik Orang 15
8. Jumlah Kepala SMP yang mengikuti seleksi Kepsek Unggulan Orang 20
9. Jumlah Kepala SMP yang mengikuti Diklat Calon Kepsek Unggulan Orang 30
1.01.02.2.02.41 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
1. Jumlah sekolah yang dibina Sekolah 102
1.01.02.2.02.42 Pengelolaan Dana BOS Sekolah Menengah Pertama
1. Jumlah penerima BOS Kabupaten Siswa 41000
1.01.02.2.02.43 Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Dana BOS Sekolah Menengah Pertama
1. Jumlah sekolah dalam mempertanggungjawabkan Dana BOS SMP Sekolah 195
2. Peningkatan kualitas pengelolaan dana BOS SMP/MTs Sekolah 195
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan PAUD Persen 89.83
2. Standar Isi Pendidikan PAUD Persen 91.58
3. Standar Proses Pendidikan PAUD Persen 98.49
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Persen 43.84
5. Standar Sarana Prasana Pendidikan PAUD Persen 73.98
6. Standar Pengelolaan Pendidikan PAUD Persen 92.85
7. Standar Pembiayaan Pendidikan PAUD Persen 83.55
8. Standar Penilaian Pendidikan PAUD Persen 87.15
Sub Kegiatan
1.01.02.2.03.0020 Pemeliharaan Mebel Sekolah
1.01.02.2.03.0025 Koordinasi, Perencanaan, Supervisi dan Evaluasi Layanan di Bidang Pendidikan
1.01.02.2.03.0028 Pembangunan Ruang Guru/Kepala Sekolah/TU
1.01.02.2.03.0030 Pembangunan Ruang Kelas Baru
1.01.02.2.03.0041 Pengadaan Perlengkapan Peserta Didik
1.01.02.2.03.0047 PENYELENGGARAAN PROSES BELAJAR PAUD
1.01.02.2.03.01 Pembangunan Gedung/Ruang Kelas/Ruang Guru PAUD
1. Jumlah Ruang yang dibangun Ruang 3
1.01.02.2.03.02 Pembangunan Sarana, Prasarana dan Utilitas PAUD
5. Jumlah sekolah yg dibangun Toilet/wc siswa Unit 5
1.01.02.2.03.03 Rehabilitasi Sedang/Berat Gedung/Ruang Kelas/Ruang Guru PAUD
1. Jumlah Sekolah yang direhabilitasi Sekolah 1
1.01.02.2.03.04 Rehabilitasi Sedang/Berat Pembangunan Sarana, Prasarana dan Utilitas PAUD
1.01.02.2.03.07 Pengadaan Mebel PAUD
1. Jumlah Meja guru yang tersedia Buah 200
2. Jumlah kursi guru yang tersedia Buah 200
3. Jumlah kursi siswa yang tersedia Buah 500
4. Jumlah Meja siswa yang tersedia Set 200
5. Jumlah Rak Buku yang tersedia Buah 100
6. Jumlah Rak Tempat Minum Anak yang tersedia Buah 100
7. Jumlah Rak Tas Anak yang tersedia Buah 100
8. Jumlah Lemari File yang tersedia Buah 40
9. Jumlah Papan Tulis yang tersedia Buah 100
1.01.02.2.03.09 Pengadaan Perlengkapan PAUD
1.01.02.2.03.10 Pengadaan Perlengkapan Siswa PAUD
1. Jumlah perlengkapan siswa yang diadakan Paket 30
1.01.02.2.03.12 Pengadaan Alat Praktik dan Peraga Siswa PAUD
1. Jumlah alat praktik dan peraga siswa yang diadakan Paket 0
1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
1. Jumlah Peserta Peserta 200
2. Jumlah Peserta Peserta 125
3. Jumlah Peserta Peserta 125
4. Jumlah Peserta Peserta 200
5. Jumlah Peserta Peserta 60
6. Jumalah Masyarakat yang mengikuti parenting Orang 100
7. Jumlah Peserta Siswa 564
1.01.02.2.03.14 Penyiapan dan Tindak Lanjut Evaluasi Satuan PAUD
1. Jumlah orang tua dari keluarga Peserta 200
2. Jumlah tenaga pendidik PAUD yang mengikuti penguatan pendidikan karakter Peserta 100
1.01.02.2.03.15 Penyediaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan PAUD
1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
1. Jumlah Guru PAUD yang memiliki Kualifikasi Sarjana (S1) Orang 441
2. Jumlah Guru dan Plt. Kepala Sekolah yang memiliki Sertifikat (NUKS) Orang 5
3. Jumlah Guru PAUD yang memiliki Sertifikat Pendidik Orang 10
1.01.02.2.03.17 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD
1. Jumlah lembaga yang dibina Lembaga 50
2. Jumlah lembaga yang diakreditasi Lembaga 50
1.01.02.2.03.18 Pengelolaan Dana BOP PAUD
1. Jumlah bantuan operasional sekolah kabupaten Siswa 19447
1.01.02.2.03.19 Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Dana BOP PAUD
1. Jumlah lembaga yang dilakukan pendampingan dalam pengelolaan bantuan operasional PAUD 564
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
1. Standar Kompetensi Kelulusan Pendidikan Kesetaraan Persen 68.72
2. Standar Isi Pendidikan Kesetaraan Persen 72.62
3. Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Persen 72.58
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kesetaraan Persen 65.53
5. Standar Sarana Prasana Pendidikan Kesetaraan Persen 67.29
6. Standar Pengelolaan Pendidikan Kesetaraan Persen 67.58
7. Standar Pembiayaan Pendidikan Kesetaraan Persen 62.38
8. Standar Penilaian Pendidikan Kesetaraan Persen 67.43
9. Angka Melek Huruf Persen 99.98
Sub Kegiatan
1.01.02.2.04.0027 Koordinasi, Perencanaan, Supervisi dan Evaluasi Layanan di Bidang Pendidikan
1.01.02.2.04.0034 Penataan Ruang/Sudut Baca
1.01.02.2.04.0036 Pengadaan Perlengkapan Peserta Didik
1.01.02.2.04.0040 Pengadaan Perlengkapan Sekolah
1.01.02.2.04.0044 Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB)
1.01.02.2.04.0046 Penyelenggaraan Proses Belajar bagi Peserta Didik
1.01.02.2.04.0047 Pembangunan Ruang Laboratorium
1.01.02.2.04.0048 Pengadaan Mebel Sekolah
1.01.02.2.04.0050 Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Kelas Sekolah
1.01.02.2.04.0052 PEMBANGUNAN SARANA, PRASARANA DAN UTILITAS PENDIDIKAN NON FORMAL
1.01.02.2.04.01 Pembangunan Gedung/Ruang Kelas/Ruang Guru Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah ruang yang dibangun Ruang 5
1.01.02.2.04.02 Pembangunan Sarana, Prasarana dan Utilitas Sekolah Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah Bangunan Sapras utilitas Ruang 3
1.01.02.2.04.03 Rehabilitasi Sedang/Berat Gedung/Ruang Kelas/Ruang Guru Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah ruang yang direhab Ruang 5
1.01.02.2.04.07 Pengadaan Mebel Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah meubel Set 250
1.01.02.2.04.09 Pengadaan Perlengkapan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah Perlengkapan Siswa Paket 3
1.01.02.2.04.10 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah Siswa penerima bantuan beasiswa Siswa 200
1.01.02.2.04.11 Pengadaan Alat Praktik dan Peraga Siswa Nonformal/Kesetaraan
1.01.02.2.04.12 Penyelenggaraan Proses Belajar Nonformal/Kesetaraan
1. jumlah siswa yang mengikuti ujian Orang 1000
2. Jumlah peserta yang dibina Lembaga 25
3. Jumlah peserta yang dibina Orang 50
4. Jumlah peserta yang dibina Orang 500
5. Jumlah peserta yang dibina Orang 200
6. Jumlah peserta yang dibina Orang 600
7. Jumlah peserta yang dibina Orang 60
1.01.02.2.04.13 Penyiapan dan Tindak Lanjut Evaluasi Satuan Pendidikan di Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah peserta yang dibina Lembaga 40
2. Jumlah peserta yang dibina Orang 50
3. Jumlah Peserta yang dimonev Orang 30
1.01.02.2.04.16 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah peserta yang dibina Lembaga 100
1.01.02.2.04.17 Pengelolaan Dana BOP Sekolah Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah bantuan operasional sekolah kabupaten Orang 2574
1.01.02.2.04.18 Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Dana BOP
1. Jumlah lembaga yang dilakukan pendampingan dalam pengelolaan bantuan operasional Lembaga 100
Program
1.01.04 PROGRAM PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
1. Prosentase terpenuhinya jumlah guru Persen 95
0
0
0
0
Kegiatan
1.01.04.2.01 Pemerataan Kuantitas dan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
1. Rasio Guru dengan Peserta didik PAUD Rasio 80
2. Rasio Guru dengan Peserta didik SD Rasio 80
3. Rasio Guru dengan Peserta didik SMP Rasio 80
Sub Kegiatan
1.01.04.2.01.01 Perhitungan dan Pemetaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah dokumen analisis peta mutu dan jumlah guru yang dihasilkan Dokumen 4
1.01.04.2.01.02 Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
1. Jumlah PTK yang ditata Orang 250
Program
1.01.05 PROGRAM PENGENDALIAN PERIZINAN PENDIDIKAN
1. Persentase Satuan Pendidikan yang Memiliki Izin Pendirian dan Operasional Persen 100
0
0
0
0
Kegiatan
1.01.05.2.01 Penerbitan Izin Pendidikan Dasar yang Diselenggarakan oleh Masyarakat
1. Penerbitan izin pendirian dan operasional sekolah Pendidikan Dasar Dokumen 61
Sub Kegiatan
1.01.05.2.01.01 Penilaian Kelayakan Usul Perizinan Pendidikan Dasar yang Diselenggarakan oleh Masyarakat
1. Jumlah lembaga yang di verifikasi Lembaga 28
1.01.05.2.01.02 Pengendalian dan Pengawasan Perizinan Pendidikan Dasar yang Diselenggarakan oleh Masyarakat
1. Jumlah lembaga yang dimonitoring Lembaga 30
1.01.05.2.02 Penerbitan Izin PAUD dan Pendidikan Nonformal yang Diselenggarakan oleh Masyarakat
1. Penerbitan izin pendirian dan operasional sekolah PAUD dan Non Formal Dokumen 100
Sub Kegiatan
1.01.05.2.02.01 Penilaian Kelayakan Usul Perizinan PAUD dan Pendidikan Nonformal yang Diselenggarakan oleh Masyarakat
1. Jumlah lembaga yang di verifikasi Lembaga 150
1.01.05.2.02.02 Pengendalian dan Pengawasan Perizinan PAUD dan Pendidikan Nonformal yang Diselenggarakan oleh Masyarakat
1. Jumlah lembaga yang dimonitoring Lembaga 150
Program
1.01.03 PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
1. Persentase Satuan Pendidikan yang Melaksanakan Kurikulum Muatan Lokal (MuLok) Persen 100
0
0
0
0
Kegiatan
1.01.03.2.01 Penetapan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar
1. Tersedianya kurikulum Muatan Lokal bagi jenjang pendidikan SD Dokumen 1
2. Tersedianya kurikulum Muatan Lokal bagi jenjang pendidikan SMP Dokumen 1
3. Tersedianya perangkat pembelajaran kurikulum muatan lokal jenjang SD Dokumen 1
4. Tersedianya perangkat pembelajaran kurikulum muatan lokal jenjang SMP Dokumen 1
Sub Kegiatan
1.01.03.2.01.01 Penyusunan Kompetensi Dasar Muatan Lokal Pendidikan Dasar
1. Jumlah dokumen Kompetensi Dasar Muatan Lokal jenjang SD dan SMP Dokumen 2
1.01.03.2.01.02 Penyusunan Silabus Muatan Lokal Pendidikan Dasar
1. Jumlah dokumen silabus muatan lokal SD dan SMP Dokumen 2
1.01.03.2.01.03 Penyediaan Buku Teks Pelajaran Muatan Lokal Pendidikan Dasar
1. Jumlah buku teks muatan lokal SD dan SMP Eksemplar 2000
1.01.03.2.01.04 Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar
1. Jumlah guru SD dan SMP dalam mengimplementasi pembelajaran muatan lokal Orang 30
Program
1.01.01 PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH
1. Nilai SAKIP Perangkat Daerah Nilai 73
0
0
0
0
Kegiatan
1.01.01.2.01 Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah
1. Tersedianya Dokumen Perencanaan dan Evaluasi Perangkat Daerah Dokumen 8
Sub Kegiatan
1.01.01.2.01.0008 PENYELENGGARAAN WALIDATA PENDUKUNG STATISTIK SEKTORAL DAERAH
1.01.01.2.01.01 Penyusunan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah
1. Jumlah dokumen Dokumen 2
1.01.01.2.01.02 Koordinasi dan Penyusunan Dokumen RKA-SKPD
1. Jumlah Dokumen Dokumen 1
1.01.01.2.01.03 Koordinasi dan Penyusunan Dokumen Perubahan RKA-SKPD
1. Jumlah Dokumen Dokumen 1
1.01.01.2.01.04 Koordinasi dan Penyusunan DPA-SKPD
1.01.01.2.01.05 Koordinasi dan Penyusunan Perubahan DPA- SKPD
1.01.01.2.01.06 Koordinasi dan Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD
1. Jumlah Dokumen Dokumen 3
1.01.01.2.01.07 Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah
1. Jumlah Dokumen Dokumen 1
1.01.01.2.02 Administrasi Keuangan Perangkat Daerah
1. Tersedianya Dokumen Keuangan Perangkat Daerah Dokumen 71894
Sub Kegiatan
1.01.01.2.02.01 Penyediaan Gaji dan Tunjangan ASN
1. Jumlah ASN yang mendapatkan Gaji dan Tunjangan Orang/Bulan 71892
1.01.01.2.02.03 Pelaksanaan Penatausahaan dan Pengujian/Verifikasi Keuangan SKPD
1. Jumlah Laporan Akuntansi SKPD Dokumen 0
1.01.01.2.02.04 Koordinasi dan Pelaksanaan Akuntansi SKPD
1.01.01.2.02.05 Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Akhir Tahun SKPD
1. Jumlah Laporan Keuangan Akhir Tahun SKPD Dokumen 1
1.01.01.2.02.07 Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Bulanan/Triwulanan/Semesteran SKPD
1. Jumlah dokumen penyusunan laporan keuangan bulanan/triwulanan/semesteran SKPD Dokumen 1
1.01.01.2.03 Administrasi Barang Milik Daerah pada Perangkat Daerah
1. Terlaksananya Inventarisasi Aset Perangkat Daerah Dokumen 964
Sub Kegiatan
1.01.01.2.03.04 Pembinaan, Pengawasan, dan Pengendalian Barang Milik Daerah pada SKPD
1. Jumlah Laporan Barang Milik Daerah pada SKPD yang dilakukan Pembinaan, Pengawasan, dan Pengendalian Laporan 36
1.01.01.2.03.05 Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Barang Milik Daerah pada SKPD
1. Jumlah laporan Barang Milik Daerah pada SKPD yang direkonsiliasi Laporan 928
1.01.01.2.05 Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah
1. Terlaksananya Peningkatan Mutu Pegawai PNS dan Non PNS Perangkat Daerah Orang 771
Sub Kegiatan
1.01.01.2.05.03 Pendataan dan Pengolahan Administrasi Kepegawaian
1. Jumlah dokumen Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah Orang 560
1.01.01.2.05.05 Monitoring, Evaluasi, dan Penilaian Kinerja Pegawai
1. Jumlah ASN yang dilakukan pembinaan Orang 70
1.01.01.2.05.10 Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan
1. Jumlah Dokumen Orang 43
1.01.01.2.05.11 Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang-Undangan
1. Jumlah Peserta yang dilatih Peserta 98
1.01.01.2.06 Administrasi Umum Perangkat Daerah
1. Tersedianya kebutuhan dasar perangkat daerah Orang/Bulan 23708
Sub Kegiatan
1.01.01.2.06.01 Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Buah 25
1.01.01.2.06.02 Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Buah 165
1.01.01.2.06.04 Penyediaan Bahan Logistik Kantor
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Buah 4500
1.01.01.2.06.05 Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Lembar 15500
1.01.01.2.06.06 Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Media 700
1.01.01.2.06.08 Fasilitasi Kunjungan Tamu
1. Jumlah tamu yang difasilitasi Orang 100
1.01.01.2.06.09 Penyelenggaraan Rapat Koordinasi dan Konsultasi SKPD
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Orang 218
1.01.01.2.06.10 Penatausahaan Arsip Dinamis pada SKPD
1. Jumlah penataan arsip keuangan Buah 2500
1.01.01.2.07 Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1. Tersedianya Pengadaan Barang pada perangkat daerah Unit 30
Sub Kegiatan
1.01.01.2.07.06 Pengadaan Peralatan dan Mesin Lainnya
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Unit 30
1.01.01.2.08 Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah
1. Tersedianya kebutuhan dasar perangkat daerah Buah 6335
Sub Kegiatan
1.01.01.2.08.02 Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja OPD Dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Bulan 4
1.01.01.2.08.03 Penyediaan Jasa Peralatan dan Perlengkapan Kantor
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja OPD Dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Unit 200
1.01.01.2.08.04 Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor
1. Jumlah Pembayaran bagi Pegawai Non PNS : Guru, Dosen, Pegawai Administrasi dan Pegawai Teknis Lainnya Orang 6131
1.01.01.2.09 Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah
1. Tersedianya sarana Prasarana yang dilakukan pemeliharaan Unit 528
Sub Kegiatan
1.01.01.2.09.01 Penyediaan Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, dan Pajak Kendaraan Perorangan Dinas atau Kendaraan Dinas Jabatan
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Buah 10
1.01.01.2.09.02 Penyediaan Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, Pajak dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Unit 480
1.01.01.2.09.06 Pemeliharaan Peralatan dan Mesin Lainnya
1. Jumlah Kebutuhan Dasar Operasional Unit Kerja SKPD dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsinya Unit 30
1.01.01.2.09.07 Pemeliharaan Aset Tetap Lainnya
1. Jumlah sistem jaringan yang dipelihara dan dikembangan Sistem 3
1.01.01.2.09.09 Pemeliharaan/Rehabilitasi Gedung Kantor dan Bangunan Lainnya
1. Jumlah Sarana dan Prasarana untuk mendukung kepada pelayanan masyarakat Unit 5
2 Meningkatnya pelestarian dan pengelolaan kekayaan serta keragaman nilai budaya
1. Indeks kebudayaan Nilai 75.98
Sasaran
2.1 Meningkatkan pelestarian dan pengelolaan keragaman warisan budaya
1. Cakupan Warisan Budaya yang Dilestarikan Persen 92.5
Program
1.01.06 PROGRAM PENGEMBANGAN BAHASA DAN SASTRA
1. Cakupan sekolah yang menggunakan bahasa daerah sebagai mata pelajaran Persen 90
0
0
0
0
Kegiatan
1.01.06.2.01 Pembinaan, Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra yang Penuturannya dalam Daerah Kabupaten/Kota
1. Terlaksanannya program pembudayaan bahasa dan sastra daerah dijenjang sekolah SD Sekolah 240
2. Terlaksanannya program pembudayaan bahasa dan sastra daerah dijenjang sekolah SMP Sekolah 106
3. Jumlah penutur muda bahasa daerah Orang 3460
4. Publikasi Bahasa dan Sastra Daerah Kali 5
Sub Kegiatan
1.01.06.2.01.01 Penyusunan Kamus Bahasa Daerah Kabupaten/Kota
1. Jumlah dokumen yang dihasilkan Eksemplar 1000
1.01.06.2.01.02 Vitalitas, Konservasi dan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah Kabupaten/Kota
1. Jumlah sekolah yang mengangkat bahasa dan sastra daerah sebagai mata pelajaran Kegiatan 0
1.01.06.2.01.03 Publikasi Bahasa dan Sastra Daerah Kabupaten/Kota
1. Jumlah kegiatan publikasi Kegiatan 2
1.01.06.2.01.04 Penghargaan Tokoh Kebahasaan dan Kesastraan Daerah Kabupaten/Kota
1. Jumlah tokoh yang diberikan penghargaan Orang 2
1.01.06.2.01.05 Penyediaan dan Pendistribusian Buku Cerita Rakyat Daerah Penunjang Literasi Kabupaten/Kota
1. Jumlah buku yang di distribusikan Eksemplar 3000
1.01.06.2.01.06 Peningkatan Apresiasi Siswa terhadap Bahasa dan Sastra Daerah Kewenangan Kabupaten/Kota
1. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan lomba Orang 400
1.01.06.2.01.07 Penyusunan Modul dan Bahan Ajar Bahasa Daerah Kewenangan Kabupaten/Kota
1. Jumlah modul dan bahan ajar yang distribusikan Eksemplar 3000
Program
2.22.02 PROGRAM PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN
1. Jumlah Pelaksanaan Event Budaya di Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara Event 30
0
0
0
0
2. Persentase Desa Budaya yang Aktif Persen 100
0
0
0
0
Kegiatan
2.22.02.2.01 Pengelolaan Kebudayaan yang Masyarakat Pelakunya dalam Daerah Kabupaten/Kota
Sub Kegiatan
2.22.02.2.01.0001 Pelindungan, Pengembangan, Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan
2.22.02.2.01.0002 Pembinaan Sumber Daya Manusia, Lembaga, dan Pranata Kebudayaan
2.22.02.2.02 Pelestarian Kesenian Tradisional yang Masyarakat Pelakunya dalam Daerah Kabupaten/Kota
1. Terlaksana pelestarian Seni dan Tradisi budaya lokal yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelakunya Kegiatan 13
Sub Kegiatan
2.22.02.2.02.01 Pelindungan, Pengembangan, Pemanfaatan Objek Pemajuan Tradisi Budaya
1. Jumlah Tradisi Budaya yang di lindungi,dikembangkan dan dimanfaatkan Kegiatan 2
2.22.02.2.02.02 Pembinaan Sumber Daya Manusia, Lembaga, dan Pranata Tradisional
1. Jumlah Sumber Daya Manusia Yang Dibina Orang 20
Program
2.22.03 PROGRAM PENGEMBANGAN KESENIAN TRADISIONAL
1. Persentase Lembaga Seni Budaya yang Aktif Persen 75
0
0
0
0
Kegiatan
2.22.03.2.01 Pembinaan Kesenian yang Masyarakat Pelakunya dalam Daerah Kabupaten/Kota
1. Terlaksananya pelestarian kesenian daerah yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelakunya Kegiatan 13
Sub Kegiatan
2.22.03.2.01.01 Peningkatan Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesenian Tradisional
1. Tersedianya Penggiat/ pelaku kesenian yang berkualitas Orang 50
2.22.03.2.01.02 Standardisasi dan Sertifikasi Sumber Daya Manusia Kesenian Tradisional sesuai dengan Kebutuhan dan Tuntutan
1. Jumlah pelaku kesenian yang dibina dan mendapatkan sertifikasi sesuai dengan standar Orang 20
2.22.03.2.01.03 Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Lembaga Kesenian Tradisional
Program
2.22.04 PROGRAM PEMBINAAN SEJARAH
1. Prosetase Sejarah lokal yang dilestarikan Persen 75.98
0
0
0
0
Kegiatan
2.22.04.2.01 Pembinaan Sejarah Lokal dalam 1 (satu) Daerah Kabupaten/Kota
1. Terlaksananya pelestarian sejarah, tradisi dan budaya lokal Kegiatan 16
Sub Kegiatan
2.22.04.2.01.03 Peningkatan Akses Masyarakat terhadap Data dan Informasi Sejarah
1. Jumlah masyarakat yang mengakses data dan informasi sejarah Orang 30
Program
2.22.05 PROGRAM PELESTARIAN DAN PENGELOLAAN CAGAR BUDAYA
1. Persentase Cagar Budaya yang Dipelihara Persen 100
0
0
0
0
2. Persentase Penetapan Cagar Budaya Potensial Persen 14.57
0
0
0
0
3. Persentase Museum yang Dikelola oleh Pemda Persen 100
0
0
0
0
Kegiatan
2.22.05.2.01 Penetapan Cagar Budaya Peringkat Kabupaten/Kota
1. Terlaksananya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan Cagar Budaya yang telah di tetapkan Lokasi 16
Sub Kegiatan
2.22.05.2.01.02 Penetapan Cagar Budaya
1. Terlestarikannya cagar budaya Kawasan 2
2.22.05.2.02 Pengelolaan Cagar Budaya Peringkat Kabupaten/Kota
1. Terlaksananya pelestarian Cagar Budaya yang sudah ditetapkan Lokasi 16
Sub Kegiatan
2.22.05.2.02.01 Pelindungan Cagar Budaya
1. Jumlah cagar budaya di lindungi yang sudah ditetapkan Buah 5
2.22.05.2.02.02 Pengembangan Cagar Budaya
1. Jumlah Cagar budaya yang di kembangkan Buah 8
Program
2.22.06 PROGRAM PENGELOLAAN PERMUSEUMAN
1. Prosentase museum yang dikelola Persen 75.98
0
0
0
0
Kegiatan
2.22.06.2.01 Pengelolaan Museum Kabupaten/Kota
1. Terlaksananya pengelolaan koleksi museum Lokasi 2
Sub Kegiatan
2.22.06.2.01.04 Penyediaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Museum
1. Jumlah Sarana dan Prasarana Museum yang tersedia Titik 2
2.22.06.2.01.05 Revitalisasi Sarana dan Prasarana Museum
1. Jumlah museum yang di revitalisasi Bangunan/Gedung 2